Sambutan SEMUT73

Free Download Vector graphic dan trick tips mengenai Komputer atau smartphone

Makna dari Warna dalam sebuah desain logo



   Dalam pembuatan sebuah desain logo, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan warna. Dan pemilihan sebuah warna pada desin logo harus didasari makna atau arti dari warna tersebut.










Abstrak

Warna adalah spectrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna berwarna putih. Pada awalnya warna ditemukan oleh Iscac Newton pada tahun 1660 dengan prisma kaca. Warna-warna itu bukanlah suatu gejala yang hanya dapat dilihat dan diamati saja, warna itu mempengaruhi kelakuan, memegang peranan penting dalam penilaian estetis dan turut menentukan suka tidaknya kita akan bermacam-macam desain. Oleh karena itu selain hanya dapat dilihat dengan mata ternyata warna mampu mempengaruhi perilaku seseorang, mempengaruhi penilaian estetis dan turut menentukan suka maupun kagum terhadap desain tersebut. Warna merupakan sebuah unsur desain yang sangat penting dalam pembuatan logo perusahaan. Warna memiliki unsur – unsur yaitu : warna primer, warna skunder, warna tersier, warna netral, warna panas, warna dingin dan warna komplementer. Dengan adanya unsur warna ini kita dapat dengan mudah menggabungkan warna, agar warna tersebut serasi dan cocok dilihat. Mengetahui unsur dari warna belum bisa membuat logo tersebut, maka pentingnya mengetahui arti dari setiap warna, agar sesuai terhadap filosofi dan misi perusahaan tersebut. Setelah anda memahami arti warna, anda dapat dengan mudah menggunakan warna pada desain logo perusahaan anda agar menjadi logo yang bagus dan mempunyai arti yang sangat berkualitas.

  • Hitam

Merupakan warna yang terkuat dari warna-warna netral. Pada umumnya warna tersebut terkait dengan unsur kekuatan, keanggunan, dan formalitas. Di sisi lainnya hal itu dapat dikaitkan dengan kejahatan, kematian, dan misteri. Hitam sering digunakan dalam edgier desain, dan juga di desain sangat elegan. Ini dapat dilakukan secara konservatif atau modern, tradisional atau konvensional, tergantung pada warna-warna yang digabungkan dengannya. Dalam desain, hitam umumnya digunakan untuk tipografi dan bagian-bagian fungsional lainnya, karena hal itu netral. Hitam membuat kita lebih mudah untuk menyampaikan rasa canggih dan misteri dalam desain.

  • Putih  

Putih sering dikaitkan dengan kesucian, kebersihan, dan kebajikan. Putih dalam desain umumnya dianggap netral. Menjadi latar belakang yang memungkinkan warna lain dalam desain memiliki suara yang lebih besar. Ini dapat membantu untuk menyampaikan kebersihan dan kesederhanaan, meskipun, lebih populer di desain minimalis. Putih dalam desain dapat juga menggambarkan baik musim dingin atau musim panas, tergantung pada desain lainnya serta motif dan warna lainnya.

  • Abu-abu

Abu-abu adalah warna netral, warna abu-abu dapat digunakan sebagai pengganti dalam beberapa desain putih, dan abu-abu gelap dapat digunakan di tempat hitam. Abu-abu umumnya konservatif dan formal, tetapi dapat juga menjadi modern. Warna  Ini sering digunakan di perusahaan desain, di mana formalitas dan profesionalisme adalah kuncinya.

  • Coklat

Coklat berhubungan dengan bumi, kayu, dan batu. Ini benar-benar warna alami dan netral yang hangat. Cokelat dapat dikaitkan dengan ketergantungan dan kehandalan, dengan ketabahan, dan juga membumi. Dapat juga dianggap membosankan.

  • Merah

Merupakan warna yang sangat panas. Ini berhubungan dengan api, kekerasan, peperangan dan semangat. Ini juga diasosiasikan dengan cinta dan gairah. Merah dapat juga dikaitkan dengan kemarahan dan bahaya. Didalam desain, kita bisa menggunakan warna merah sebagai aksen karena sifatnya yang kuat. Misalnya, pada logo hitam putih di berikan aksen warna merah sedikit saja sudah bisa membuat logo tersebut menjadi terlihat berbeda.

Warna-warna yang berhubungan dengan warna merah :




  1. warna merah muda melambangkan kegirangan, seksualitas, hasrat, sensitifitas, dan cinta.
  2. warna pink/merah muda melambangkan kisah percintaan, dan pertemanan. Sering dihubungkan dengan hal-hal berbau feminim.
  3. warna merah gelap melambangkan kegeraman, kedengkian, kemarahan, kemurkaan, kepemimpinan, keberanian, keinginan, tenaga, dan ketekunan.
  4. warna coklat melambangkan stabilitas dan sering dihubungkan dengan hal-hal berbau kejantanan atau maskulin.
  5. warna coklakemerah-merahan sering dihubungkan dengan musim panen dan gugur.

  • Orange

Warna jeruk yang sangat bersemangat dan energik. Dapat dikaitkan dengan bumi atau dengan musim gugur. Karena hubungannya dengan perubahan musim, jeruk dapat mewakili perubahan dan gerakan. Karena jeruk dikaitkan dengan buah dengan nama yang sama, dapat dikaitkan dengan kesehatan dan vitalitas. Dalam desain, oranye memberikan perhatian tanpa basa-basi sebagai pengganti warna merah. Hal ini sering dianggap lebih ramah dan mengundang.

Warna-warna yang berhubungan dengan warna Orange :

  1. Orange tua dapat berarti ketidak-percayaan dan kebohongan.
  2. Orange kemerahan melambangkan hasrat, seksualitas, kenyamanan, dominasi, dan penyerangan.
  3. Emas melambangkan rasa wibawa dan martabat. Warna emas juga berarti penerangan, kerajaan, dan kekayaan. Warna Emas sering disimbolkan dengan ‘kualitas tinggi’.

  • Kuning

Kuning sering dianggap paling terang dan energi warna yang paling hangat. Ini berhubungan dengan kebahagiaan dan sinar matahari. Kuning juga dapat dikaitkan dengan penipuan dan pengecut. Kuning juga terkait dengan harapan. Warna kuning terang dalam desain meminjamkan rasa kebahagiaan dan kegembiraan. Kuning lembut biasanya digunakan sebagai warna netral gender untuk bayi dan anak-anak. Cahaya kuning juga memberikan perasaan yang lebih tenang dibandingkan kuning cerah. Kuning gelap dan kuning emas-warna-warni kadang-kadang dapat terlihat antik dan dapat digunakan dalam desain di mana rasa keabadian yang ingin ditonjolkan.

Warna-warna yang berhubungan dengan warna kuning :

  1. Kuning kecokelatan melambangkan kebusukan, kerusakan, penyakit dan rasa cemburu.
  2. Kuning muda sering dihubungkan dengan intelek, kesegaran, dan kegembiraan.



  • Biru

Biru sering dikaitkan dengan kesedihan. Biru juga digunakan secara ekstensif untuk mewakili ketenangan dan tanggung jawab. Cahaya biru dapat menyegarkan dan ramah. Biru gelap lebih kuat dan dapat diandalkan. Biru juga berhubungan dengan perdamaian, dan mempunyai konotasi spiritual dan agama dalam banyak budaya dan tradisi. Dalam desain, Cahaya kebiruan sering santai dan menenangkan. Biru terang dapat memberikan energi dan menyegarkan. Biru gelap sangat baik untuk situs perusahaan atau desain di mana kekuatan dan kehandalan adalah penting.

Warna-warna yang berhubungan dengan warna biru :

  1. Biru muda melambangkan kesehatan, penyembuhan, kedamaian, pengetahuan, dan kelembutan.
  2. Biru tua melambangkan pengetahuan, kekuatan, integritas, dan keseriusan



  • Ungu

Warna Ini kombinasi dari merah dan biru. Ini juga terkait dengan kreativitas dan imajinasi. Ungu gelap secara tradisional dikaitkan dengan kekayaan dan royaliti, sementara ungu terang lebih romantis. Desain, ungu gelap dapat memberikan rasa kekayaan dan kemewahan.

Warna-warna yang berhubungan dengan warna Ungu :

  1. Ungu muda melambangkan rasa romantis, dan nostalgia. Ungu muda adalah pilihan yang bagus untuk desain yang feminim. Kita juga dapat menggunakan warna ini untuk mempromosikan produk-produk remaja muda dan anak-anak.
  2. Ungu tua melambangkan kesuraman dan kesedihan. Warna ini dapat menimbulkan perasaan frustasi.



  • Hijau

Hijau dikaitkan dengan dunia alam. Karena hubungannya dengan alam, hijau dianggap sebagai warna menenangkan dan santai. Warna ini dapat membantu orang yang sering merasa tegang. Hijau akan menyeimbangkan emosi, menciptakan keterbukaan antara Anda dan orang lain.

Warna-warna yang berhubungan dengan warna hijau :

  1. Hijau tua sering dihubungkan dengan uang, finansial, bank, ambisi, ketamakan, dan kecemburuan.
  2. Hijau kekuningan melambangkan penyakit, kecut hati, perselisihan, dan kecemburuan.
  3. Hijau Olive melambangkan kedamaian
  4. Hijau Aqua melambangkan emosi penyembuhan, dan perlindungan.

No comments:

Post a Comment

Komentar anda sangatlah berarti bagi kami, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan. @SEMUT73_ID follow by Twitter