Tutorial
di bawah ini akan membahas bagaimana cara memasukan dan memainkan suara di
Flash. Anda dapat memilih mau meminkannya di frame atau mau memainkannya
dengan menggunakan Actionscript atau mau memainkan suara yang
berasal dari swf.
1. Buatlah sebuah flash document kemudian tekan File>Import>Import to Library…
2.
Pilih suara yang akan anda import. Format file yang bisa anda masukan adalah
WAV (Windows), AIFF (Macintosh), MP3 (Windows/Macintosh), jika anda sudah
menginstall Quicktime ver 4 keatas anda bisa mengimport suara yang lain yaitu
AIFF (Windows/Macintosh), Sound Designer II (Macintosh), Sound Only QuickTime
Movies (Windows/Macintosh), Sun AU (Windows/Macintosh), System 7 Sounds
(Macintosh) WAV (Windows/Macintosh). Setelah anda pilih lalu tekan Open.
3.
Jika anda ingin mengkompresi suara, anda bisa juga bisa melakukannya di flash.
Caranya buka panel Library dengan
menekan Ctrl+L. Klik kanan suara yang anda import dan pilih Properties…
4. Anda akan berada di
panel Sound Properties. Ubah Compression sesuai yang anda inginkan
Memasukan suara ke frame
1.
Klik/seleksi frame pada timeline yang anda ingin
beri suara, misalnya anda menginginkannya di frame 1. Lalu tekan Ctrl+F3
untuk memunculkan panel Properties.
2.
Ubah Sound di panel properties ke nama suara yang anda import. Di bawah
sound, ada Effect dan Sync yang berfungsi:
None
: tidak ada efek yang di aktifkan
Left
Channel : Suara akan terdengar di speaker sebelah kiri saja
Right
Channel : Suara akan terdengar di speaker sebelah kanan saja
Fade
Left to Right : Suara akan terdengar dari speaker sebelah kiri ke speaker
sebelah kanan
Fade
Right to Left : Suara akan terdengar dari speaker sebelah kanan ke speaker
sebelah kiri
Fade
In : Volume suara akan semakin meningkat secara bertahap selama suara
dimainkan.
Fade
Out : Volume suara akan semakin menurun secara bertahap selama suara dimainkan.
Custom
: Anda dapat mengatur effect sesuai keinginan anda dengan menggunakan Edit
Envelope
Sync
event
: suara akan dimainkan sampai selesai jika jumlah frame adalah 1 atau jumlah
frame sama dengan panjang suara
start
: suara akan dimainkan sampai selesai
stop
: suara tidak akan dimainkan
stream
: suara akan dimainkan sesuai dengan jumlah maksimal frame di timeline
Repeat
: berapa banyak suara dimainkan
Loop
: suara akan dimainkan secara terus menerus
3. Jika sudah selesai mengaturnya
tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.
Memaikannya dengan Actionscript
1.
Tekan Ctrl+L untuk membuka panel Library. Klik kanan suara yang anda import
di panel Library dan pilih Linkage…
2.
Berikan centang pada Export for ActionScript
3.
Ubah Identifier sesuai keinginan anda, misalnya kita ganti menjadi suara1.
Jika sudah tekan OK
4. Klik frame 1 dan tekan F9.
Pada panel actions yang muncul masukan script berikut:
1
2
3
4
5
6
7
8
|
//mySound adalah sebuah variable, anda dapat
menggantinya sesuai keinginan anda misalnya suaraKu
mySound = new Sound();
//suara1 adalah Identifier yang anda berikan di
Linkage
mySound.attachSound("suara1");
//masukan script di bawah untuk memainkan
suaranya
//angka 1 di bawah ini menunjukan berapa banyak
suara dimainkan
//jika anda ingin memainkannya secara
loop/terus menerus, ubah menjadi 999
mySound.start(0, 1);
|
5. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat
hasilnya.
Memainkan suara dari swf
Caranya sama dengan yang ada dalam tutorial loadMovieNum
A. Membuat yang akan diload
1. Buatlah sebuah flash document.
2. Tekan Ctrl+R, pada panel yang
muncul cari suara yang diinginkan lalu tekan open.
3. Klik frame 1 dan tekan Ctrl+F3.
Pada panel properties yang muncul ubah Sound sesuai suara yang anda import
tadi.
4. Pilih menu File>Save atau bisa juga menekan Ctrl+S pada
keyboard. Berikan musik sebagai File Name lalu tekan Save.
5. Test Movie dengan menekan
Ctrl+Enter sekaligus akan memunculkan musik.swf pada folder tempat anda
menyimpan.
B. Membuat yang akan meload
1. Buatlah sebuah flash document.
2. Buatlah sebuah static text dengan tulisan LOAD dan
buatlah sebuah persegi dengan panjang dan lebar yang sama dengan static text bertuliskan LOAD. Letakkan
persegi panjang tersebut di tengah-tengah static text bertuliskan LOAD.
Seleksi static text dan persegi panjang tersebut kemudian
tekan F8.
3. Pada panel yang muncul masukkan load_btn
sebagai name dan button sebagai type lalu tekan ok. Seleksi button load_btn
di stage kemudian tekan Ctrl+F3. Pada panel
properties yang muncul masukkan load_btn sebagai instance name
4. Buatlah sebuah static text dengan tulisan UNLOAD dan
buatlah sebuah persegi dengan panjang dan lebar yang sama dengan static text bertuliskan UNLOAD. Letakkan
persegi panjang tersebut di tengah-tengah static text bertuliskan UNLOAD.
Seleksi static text dan persegi panjang tersebut kemudian
tekan F8.
5. Pada panel yang muncul masukkan unload_btn
sebagai name dan button sebagai type lalu tekan ok. Seleksi button unload_btn
di stage kemudian tekan Ctrl+F3. Pada panel
properties yang muncul masukkan unload_btn sebagai instance name
6. Tempatkan kedua tombol tersebut
di bagian tengah-tengah stage.
7. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut
:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
//ketika tombol load_btn ditekan
load_btn.onRelease = function() {
//tampilkan objek.swf di stage dengan kedalaman 1
loadMovieNum("musik.swf", 1);
};
//ketika tombol unload_btn ditekan
unload_btn.onRelease = function() {
//hapus objek yang diload
unloadMovieNum(1);
};
|
8. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat
hasilnya.
No comments:
Post a Comment
Komentar anda sangatlah berarti bagi kami, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan. @SEMUT73_ID follow by Twitter